Sabtu, 02 April 2016

Resep Kue Nastar Spesial Enak dan Renyah

Resep Kue Nastar - Menjelang lebaran kalau di indonesia sudah seperti tradisi setiap rumahnya menyiapkan sajian spesialnya untuk tamu yang hendak datang. Selain menu utama ketupat, daging dan sayur. Adapun sajian pembuka di ruang tamu biasanya berupa aneka kue kering. Dan salah satu resep kuekering lebaran yang paling banyak disajikan dan diminati adalah kue nastar. Selain karena bentuknya yang memikat, kue ini juga cukup renyah, empuk dan enak.

Resep Kue Nastar Spesial Enak dan Renyah


Sejarah Kue Nastar

Kalau dilihat dari namanya, nastar itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa asing yaitu “ nastaart “ yang mempunyai arti “ pineapple cake “ atau kalau bahasa indonesianya adalah nanas dan terigu. Karena memang inilah bahan dasar dari pembuatan kue nastar.

Nah, selain ramai disajikan saat lebaran, kue nastar juga sudah sejak lama disuguhkan saat imlek tiba sebagai artian atau simbol dari kemakmuran. Untuk warna keemasan, tekstur dan rasa manisnya kue nastar sendiri melambangkan limpahan rezeki. Dan semakin banyak pasta nanasnya itu berarti semakin besar pula limpahan rezeki yang akan didapatkan. Itu menurut keyakinan mereka.

Begitu dicintainya kue nastar oleh setiap kalangan inilah yang awalnya merupakan kue ritual keluarga secara turun temurun kini sudah hilang dan dimanfaatkan sebagai ide bisnis bagi siapa saja yang mau mencobanya.

Kalau tadi kita bicara kelebihan dan sejarah dari kue nastar kini saatnya kita mencoba membuatnya dengan resep kue nastar spesial ala detektifrasa.com . Memang tidak mudah untuk menghasilkan karya masakan yang enak dan lembut apalagi kita mau mencoba resep kue nastar yang mana  dibutuhkan telaten dan sabar dalam membuatnya. Oke, langsung saja apa sih bahan yang harus dipersiapkan dan bagaimana cara membuat kue nastar ini. Cekidot

Bahan Kue Nastar :

Bahan Isi :
  • 350 gr tepung terigu
  • 50 gr gula halus
  • 2 btr telur ( ambil kuningnya saja )
  • 1 sdm tepung meizena
  • 200 gr mentega
  • 1 sdm bubuk vanilli
  • 1 sdm susu bubuk full cream

Bahan Selai Kue Nastar :
  • 1 buah nanas
  • 125gr gula pasir
  • 3 cm kayu manis
  • 5 btr cengkeh
  • Bahan Olesan Kue Nastar
  • 1 btr telur ( ambil kuningnya saja )

Cara Membuat Kue Nastar :

Cara Membuat Selai Kue Nastar :

  1. Parut nanas terlebih dahulu
  2. Kalau sudah, masukkan hasil parutan ke dalam wadah ( ex : teflon )
  3. Masak nanas dengan api sedang kemudian tambahkan cengkeh, gula pasir dan kayu manis sambil diaduk hingga adonan menjadi lengkep dan tidak berair
  4. Angkat dan dinginkan kemudiat dibuat bulat bulat kecil
Cara Membuat Lapisan Kue Nastar :

  1. Langkah pertamanya adalah campurkan bahan gula, telur dan mentega sampai merata dengan menggunakan mixer
  2. Kalau sudah merata, kemudian tambahkan vanilla bubuk, tepung meizena, tepung terigu, dan susu bubu full cream yang sudah anda siapkan
  3. Ambil hasil adonan tadi, lalu pipihkan dan buat bulatan dengan di dalamnya diisi selai nanas yang sudah kita buat diawal.
  4. Gunakan loyang sebagai wadahnya, dan pastikan permukaan loyang sudah dioleskan margarine. Untuk peletakkan diusahan agak renggang atau diberi jarak biar tidak gandengan.
  5. Setelah rapi, oleskan kuning telur pada atas lapisan nastar kemudian taburkan parutan keju .
  6. Langkah terakhirnya adalah masukkan loyang ke dalam oven bersuhu 175 celcius. Dan tunggu kira-kira 15 menit supaya adonan tadi benar-benar matang. Kemudian angkat dan kue nastar siap disajikan.

Nah, itu dia resep kue nastar spesial dari kami. Memang cukup rumit, tapi usaha keras tidak akan menghianati kog. Hehe Selamat mencoba ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar